ketrampilan digital

Keterampilan Digital Wajib untuk Menghadapi Era Teknologi

Literasi digital

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Menurut UNESCO (2011), literasi digital adalah kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

Termasuk Kemampuan untuk menggunakan perangkat teknologi, aplikasi, dan internet secara efektif.

Kemampuan berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir dengan rasional dan tertata yang bertujuan untuk memahami hubungan antara ide dan/atau fakta. Berpikir kritis adalah suatu kemampuan seseorang dalam menganalisis ide atau gagasan secara logis, reflektif, sistematis dan produktif untuk membantu membuat, mengevaluasi serta mengambil keputusan tentang apa yang diyakini atau akan dilakukan sehingga berhasil dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi

Keterampilan komunikasi digital

Keterampilan komunikasi digital adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif menggunakan berbagai platform dan alat digital.

Keterampilan pemrograman dan teknologi

Keterampilan pemrograman dan teknologi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan berbagai bahasa pemrograman dan teknologi yang relevan

Pemahaman dasar tentang komputer, internet, pengolahan data, analisis informasi, dan keamanan siber.

Baca Juga: Tiktok! 6 Cara Mudah Membuat Filter Effect, Berani Coba?

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi

Baca Juga: Filter Effect! 6 Langkah Uji dan Implementasikan Filter Effect

Kepemimpinan, kecerdasan emosional, kemampuan berwirausaha, problem solving, serta kerja tim

Baca Juga: Pelajari 7 langkah Bahasa Pemrograman

Hard skill

seperti coding, web development, big data analytics, artificial intelligence, cloud computing, internet of thing dan machine learning.

Soft skill

seperti critical thinking, creativity, collaboration dan communication.
Keterampilan digital tidak hanya penting untuk sektor teknologi, namun juga sektor non-teknologi. Dalam era digital ini, hampir semua aspek kehidupan kita terhubung dengan teknologi. Oleh karena itu, memiliki keterampilan digital yang baik menjadi suatu keharusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *